Lulusan STIKOM Muhammadiyah Jayapura Siap menghadapi Tantangan Era Revolusi Industri 4.0

0
237

Kamis tanggal 13 Februari 2020 STIKOM Muhammadiyah Jayapura melakukan wisuda Sarjana dan Diploma III Angkatan ke XV sebanyak 102 orang lulusan yang berlangsung dalam Rapat Senat Terbuka STIKOM Muhammadiyah Jayapura bertempat di Hotel Hom Abepura Jayapura.

Wisuda dibuka oleh Ketua STIKOM Muhammadiyah Jayapura Dr. Ir. Muhammad Nur Jaya, M.Si dihadiri Sekretaris Majelis DIkti Pimpinan Pusat Muhammadiyah Muhammad Sayuti, M.Pd., M.Ed., Ph.D, Kepala Bagian Akademik, Kemahasiswaan dan Sumber Daya LLDIKTI Wil. XIV Papua Papua Barat Drs. Sudarpo beserta perwakilan Pemerintah Provinsi Papua yang diwakilii Staf Ahli Johana Ani Rumbika, SE, MM, perwakilan TNI Polri, perwakilan PT lain dan instansi terkait.

Ketua STIKOM Muhammadiyah Jayapura Dr. Muhammad Nur Jaya, M.Si dalam sambutannya mengatakan bahwa STIKOM senantiasa siap menghadapi perubahan zaman yang ditandai dengan digitalisasi dalam segala aspek kehidupan.

Kesiapan dilakukan dengan melalukan berbagai perubahan baik dari kualitas SDM Dosen dengan telah adanya 5 Doktor bidang Komunikasi dan 1 orang Doktor di bidang Antropologi.

Peningkatan kualitas Dosen juga ditingkatkan melalui peningkatan kompetensi dan profesionalisme melalui kepangkatan fungsional dan sertifikasi Dosen, Karya ilmiah Dosen baik tingkat nasional maupun internasional.

Peningkatan prasarana dan sarana perkuliahan untuk menunjang proses pembelajaran mahasiswa melalui berbagai praktek secara langsung sesuai dengan konsentrasi jurusan baik Public Relations, Jurnalistik maupun Broadcasting.

Dari sisi kurikulum STIKOM Muhammadiyah senantiasa adaptif yang dilakukan melalui peninjauan kurikulum melalui workshop kurikulum, guna menyesuaikan kurikulum pembelajaran bagi mahasiswa sesuai dengan tuntutan saat ini.

Berbagai perubahan ini diharapkan STIKOM Muhammadiyah Jayapura dapat meluluskan sarjana komunikasi yang siap menghadapi tantangan Era Revolusi Industri 4.0.  Hingga saat ini STIKOM Muhammadiyah Jayapura telah meluluskan lebih dari 1.300 alumni yang tersebar di berbagai lapangan kerja baik instansi pemerintah, organisasi swasta, organisasi politik maupun mandiri.

Sementara Sekretaris Majelis Dikti PP Muhammadiyah M. Sayuti dalam sambutannya menyatakan bahwa Muhammadiyah sebagai persyarikatan akan senantiasa mendukung upaya pemerintah untuk ikut mencerdaskan kehidupan bangsa melalui jalur pendidikan yang diperuntukkan bagi semua golongan suku, ras dan agama.

Hal ini terbukti dengan hadirnya STIKOM Muhammadiyah Jayapura yang telah meluluskan mahasiswa mayoritas atau 95 % adalah putra putri asli Papua. Ini sebagai bukti konkret toleransi beragama di Indonesia. Untuk itu, Sayuti berharap adanya dukungan Pemerintah Daerah agar Pembangunan SDM di Papua semakin optimal dalam mencerdaskan generasi muda di Papua.

Kepala Bagian Akademik, Kemahasiswaan dan Sumber Daya LLDIKTI Wilayah XIV Papua Papua Barat dalam sambutannya sangat mengapreasisi dengan dilakukannya wisuda Sarjana dan Diploma 3 STIKOM Muhammadiyah Jayapura dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia di Papua dan berharap bahwa para sarjana ini nantinya dapat berkiprah dan memberi manfaat bagi kehidupan masyarakat.

STIKOM Muhammadiyah Jayapura diharapkan senantiasa memberikan perhatian khusus bagi para alumni melalui trecert study untuk mengetahui berapa lama masa tunggu mereka setelah diwisuda.

Wisuda dihadiri oleh Ketua PWM Papua Prof, Dr. H.R. Partino, M.Si, Jajaran BPH STIKOM Muhammadiyah Jayapura, Ketua Aisyiyah Papua Wahyuwidiarti, SE, Ketua Senat dan Wakil Ketua I Dr. Indah Sulistiani, SE, M.I.Kom, Wakil Ketua II Abdul Kadir, M.Si, Kepala LPPM Dr. Syarifuddin, M.I. beserta anggota Senat dan Dosen dilingkungan STIKOM Muhammadiyah Jayapura.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here