STIKOM Muhammadiyah Jayapura melaksanakan launching perubahan bentuk, dari Sekolah Tinggi menjadi Universitas Muhammadiyah Papua

0
49

Jayapura, 24 Oktober 2020 – Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Muhammadiyah melaksanakan launching perubahan bentuk, dari Sekolah Tinggi menjadi Universitas Muhammadiyah Papua (UMP). Acara yang berlangsung pukul 09:00, di pelataran kampus Universitas Muhammadiyah Papua, di hadiri oleh sejumlah Pimpinan dan anggota FORKOPIMDA, Kepala LLDIKTI Wilayah XIV Papua dan Papua Barat, ORKOM, Instansi BUMN, Pimpinan Perguruan Tinggi, tokoh Adat, tokoh Agama, serta para civitas akademika Universitas Muhammadiyah Papua.

Nama UMP secara resmi digunakan seteleh di keluarkannya Surat Keputusan menteri pendidikan dan kebudayaan No. 937/M/2020 tentang izin perubahan bentuk dari STIKOM  Muhammadiyah Jayapura menjadi Universitas Muhammadiyah Papua, di Kota Jayapura Propinsi Papua, yang diselenggarakan oleh perserikatan Muhammadiyah.

Gubernur Propinsi Papua, dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekda Propinsi Papua, Doren Wakerkwa, mengatakan pendidikan adalah salah satu aspek penting dalam pembangunan di Propinsi Papua, guna meraih masyarakat Papua yang sejahtera adil dan mandiri, sejalan dengan Visi Propinsi Papua, yaitu terwujudnya masyarakat yang mandiri, dengan memanfaatkan potensi sumber daya secara bertanggung jawab, maka pendidikan menjadi faktor kunci dalam mewujudkan pembangunan di Propinsi Papua.

Selanjutnya Visi tersebut di jabarkan dalam beberapa misi yang banyak terkait dengan peran pendidikan di Propinsi Papua, yaitu meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat dan meningkatkan daya saing agar mampu menguasai teknologi  tepat guna untuk mengengelola sumber daya alam yang di miliki. Meningkatkan daya saing dalam menghadapi segala tantangan dan persaingan di era globalisasi.

Pemerintah Propinsi Papua juga berkomitmen membangun sektor pendidikan melalui instansi terkait, salah satunya melalui pergerakan Muhammadiyah yang memiliki perhatian dan kiprah di bidang pendidikan. Doren juga mengharapkan kedepannya kiprah Muhammadiyah Papua di bidang pendidikan di Papua lebih luas dalam membantu masyarakat di Propinsi Papua, sebagaimana di cantumkan dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu, Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat.

Lebih lanjut disampaikan Doren, dengan menjadi Universitas Muhammadiyah Papua, kiprah civitas akademika yang selama ini telah di tuaikan melalui STIKOM Muhammadiyah Jayapura, akan lebih menjawab persoalan dan tantangan pendidikan , serta social kemasyrakatan umumnya di Propinsi Papua.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here